5 Hadis tentang Keluarga Harmonis yang Wajib Kamu Ketahui

5 Hadis tentang Keluarga Harmonis yang Wajib Kamu Ketahui

5 Hadis tentang Keluarga Harmonis yang Wajib Kamu Ketahui – Mempelajari ilmu tentang rumah tangga tak hanya diperuntukkan bagi para pasangan yang sudah menikah saja. Seseorang yang belum menikah atau sedang merencanakan pernikahan pun bisa mulai mempelajari ilmu berumah tangga sebagai bekal untuk membangun keluarga nantinya.

Dalam ajaran agama Islam, Rasulullah SAW telah memberikan tuntunan kepada para umatnya dalam membangun rumah tangga yang terdapat dalam banyak hadis.

Perlu diketahui, hadis-hadis tersebut memiliki banyak makna untuk memahami kedudukan keluarga dalam Islam. Mulai dari tuntunan agar dapat menciptakan rumah tangga yang harmonis, pemberian nafkah, hingga pengajaran ilmu agama dalam keluarga.

Berikut 5 hadis tentang keluarga harmonis.

  1. Keutamaan memberi nafkah keluarga

Berdasarkan HR. Muslim no.995, dijelaskan bahwa nafkah kepada keluarga lebih baik pahalanya daripada sedekah sunnah. Untuk itu, seorang suami hendaknya lebih mengutamakan memberikan nafkahnya kepada keluarga daripada yang lain.

  1. Suami akan dimintai pertanggungjawaban

Berdasarkan HR. Ibnu Hibban. Sebagai pemimpin keluarga seorang suami akan dimintai pertanggungjawaban terhadap keluarganya di akhirat kelak, apakah ia benar-benar memperhatikan nafkah untuk keluarganya atau tidak.

  1. Menjadi istri yang taat pada suami

Rumah tangga akan bahagia, jika istri taat pada suami. Karena istri seperti inilah yang akan menyenangkan hati suami.

Pernah ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapakah wanita yang paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci.”

(HR. An-Nasai, no.3231)

  1. Bersabar menghadapi istri

Berdasarkan HR. Muslim, no. 1469 Setiap pasangan suami istri hendaknya bersabar terhadap satu sama lain. Jika seorang suami mendapati suatu kekurangan pada istri, janganlah membencinya secara total. Sebab, pasti ada kebaikan di sisi lain yang dapat menutupi kekurangan tadi.

  1. Jangan mudah minta cerai dari suami

Dari Tsauban, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Wanita mana saja yang meminta talak (cerai) tanpa ada alasan yang jelas, maka haram baginya mencium bau surga.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Itulah 9 hadist tentang keluarga harmonis yang patut kita ikuti demi membangun rumah tangga sakinah, mawaddah, warahmah. 

Bagi Anda yang menginginkan sarana pengasihan untuk menundukkan Pasangan, silahkan bisa gunakan sarana Pengasihan dari Saya berupa Gelang Mahabbah.

Untuk Mendapatkannya silahkan hubungi Admin Saya Mbak Ana di 085 866 866 669

Bagi anda yang ingin mengetahui doa-doa dan Amalan-amalan lainnya silahkan kunjungi website Saya di www.MbakHidayah.com

Wassalamu’alaikum Wr Wb

 

 39 total views,  1 views today