Cara Menjaga Hafalan Al-Qur'an Di Tengah Kesibukan

Cara Menjaga Hafalan Al-Qur’an Di Tengah Kesibukan

Cara Menjaga Hafalan Al-Qur’an Di Tengah Kesibukan Menjadi seorang hafidz atau penghafal Al-qur’an tentu saja menjadi impian bagi setiap umat Islam. Tidak jarang ayah dan ibu yang menginginkan putra putrinya menjadi tahfidz sudah mengirimkan mereka ke pondok khusus menghafal Qur’an bahkan semenjak masih kecil.

Tentunya hal yang satu ini tidak mengherankan, ya. Janji Allah terhadap para penghafal kitab suci umat Islam ini amatlah di dambakan. Salah satunya adalah ditinggikan derajatnya di dunia. Sayangnya, dibalik sulitnya proses menghafal, justru proses lupa terhadap hafalan ini sering sekali terjAdi. Oleh karena itu, seorang hafidz harus mengetahui cara menjaga hafalan Al-qur’an mereka.

Adapun beberapa tips dalam menjaga hafalan Al-qur’an yang bisa dilakukan oleh para hafidz adalah sebagai berikut:

 

Kokohkan niat agar selalu menjaga hafalan Al-qur’an

Niat merupakan sesuatu yang sangat vital dan diperlukan dalam hal apapun. Bahkan ada satu hadist yang menyebutkan bahwa segala sesuatu dinilai dari niat. Sama halnya dengan cara menjaga hafalan Al-qur’an pun dinilai dari seberapa besar niat kalian.

 

Tentukan Jadwal Sehari-hari agar selalu menjaga hafalan Al-qur’an

Membiasakan diri menjadi pribadi yang disiplin mungkin tidak akan mudah. Kalian bisa memulainya dengan cara membentuk jadwal harian. Mulai dari pukul berapa kalian bangun tidur dan apa saja yang akan kalian lakukan dalam satu hari tersebut. Jangan lupa untuk memasukkan jam khusus muraja’ah dalam jadwal harian tersebut.

 

Luangkan waktu sebisa mungkin agar selalu menjaga hafalan Al-qur’an

Sama halnya dengan kita, Al-qur’an pun juga ingin di prioritaskan. Apabila kalian mencari cara menjaga hafalan Al-qur’an paling mudah adalah dengan memprioritaskannya. Luangkan waktu kalian khusus untuk bercengkrama dengan Qur’an. Mulai dari muraja’ah hingga tadabbur. Dengan demikian hafalan akan selalu melekat di ingatan kalian.

 

Tentukan Target dalam menghafal Al-Qur’an

Sekali lagi, disiplin dalam menjaga hafalan sangat diperlukan. Selain waktu khusus untuk muraja’ah, kalian juga harus mempunyai target. Pasang target harian berapa banyak hafalan yang akan kalian muraja’ah setiap harinya. Patuhi dan penuhi target tersebut agar hafalan senantiasa melekat.

 

Menghindari Maksiat termasuk kunci agar selalu menjaga hafalan Al-qur’an

Al-qur’an merupakan kitab suci dan hanya bisa disentuh oleh orang yang telah bersuci pula (wudhu). Oleh karena itu, sudah sepantasnya bagi seorang hafidz untuk menjauhi segala bentuk maksiat. Cara yang satu ini merupakan cara menjaga hafalan Al-qur’an yang sangat ampuh. Menjauhi maksiat ini berlaku untuk seluruh manusia, tidak hanya bagi seorang hafidz Qur’an saja.

 

Membaca Alquran Ketika Sholat Juga dapat mempecepat hafalan Al-qur’an

Salah satu cara yang sangat ampuh dan banyak dilakukan oleh para penghafal Qur’an agar hafalannya terjaga adalah dengan membacanya setiap sholat. Dengan demikian, kalian akan sering membaca yang mana secara tidak langsung berarti muraja’ah hafalan.

 

Membiasakan Mendengarkan Murattal Al-qur’an

Cara menjaga hafalan Al-qur’an yang berikutnya adalah menggunakan murattal. Sering mendengarkan murattal selain bisa digunakan sebagai terapi jiwa juga bisa digunakan untuk menjaga hafalan. Setiap hafidz Qur’an tentu saja memiliki surat atau ayat khusus yang sulit untuk dihafalkan.

 

Selalu Memotivasi Diri Sendiri Agar Selalu Dapat Menjaga Hafalan Al-Qur’an

Ketika hafalan tidak lancar atau terasa sulit untuk menambahnya, mungkin kita akan kecewa dan beberapa lainnya akan merasa putus asa. Disaat seperti ini, kemampuan melakukan self healing sangat diperlukan. Motivasi terhadap diri sendiri agar selalu semangat dalam menjaga hafalan.

 

Menariknya lagi, kemampuan self healing ini juga sering digunakan sebagai salah satu cara menjaga hafalan Al-qur’an. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya! Selamat mempraktikkan!

 117 total views,  1 views today