Inilah Rahasia Islami untuk Senantiasa Menjaga Emosi

menjaga emosi tetap stabil,Emosi merujuk pada suatu pikiran dan persaan yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis sera serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Sehingga dapat disimpulkan bahw emosi merupakan dorongan untuk bertindak. Seseorang yang tidak bisa atau sulit untuk melakukan kontrol emosi, mereka biasanya akan cenderung bertindak anarkis, terutama saat emosi negatif mengusai diri mereka, sebaliknya jika emosi positif, mereka akan cenderung senang berlebihan. Orang yang tidak bisa menjaga emosi cederung merugikan baik untuk diri sendiri, orang di sekitarnya maupun lingkungan tempatnya berada.

Menjaga emosi memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi bagi mereka yang sudah terbiasa untuk mengumbar emosi. Namun bukan berarti ini tidak bisa dilakukan, karena beberapa cara terbukti ampuh untuk membantu Anda dalam menjaga emosi. Berikut ini adalah beberapa rahasia penting agar berhasil dalam menjaga emosi menurut Islam:

Artikel Rekomendasi : Cara bergaul dan mendapatkan teman dengan mudah

  1. Tidak marah kecuali karena Allah, mislanya saat melihat kemaksiatan dan hukum Allah diabaikan.
  2. Berlemah lembut dan tidak marah untuk setiap urusan duniawi, meski tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan.
  3. Saat emosi negatif datang karena suatu hal, ingatlah akan keagungan dan kekuasaan Allah serta nikmat yang dikaruniakan kepada Anda.
  4. Saat emosi itu datang, maka diamlah. Jangan katakan apapun, karena ungkapan yang keluar dari orang emosi cenderung negatif dan justru akan menyaki hati orang di sekitar Anda, menyalakan api pertikaian yang justru akan memicu masalah yang lebih besar.
  5. Mengubah posisi saat marah juda dianjurkan sebagaimana hadist Nabi, “jika salah seorang dari kalian sedang marah saat berdiri, maka hendaklah ia duduk, apabila marahnya tidak kunjung hilang, maka hendaklah ia berbaring” (HR Ahmad)
  6. Berwudhu karena marah adalah api setan yang dapat mengakibatkan darah mendidih dan terbakarnya syaraf. Maka itu redamlah panasnya dengan berwudlu.
  7. Memberi maaf kepada orang yang menjadi penyebab kemarahan Anda dan bersabar. Yakin bahwa semuanya terjadi atas kehendak Allah.

Dengan menerapkan  7 langkah menjaga emosi diatas, Insyaallah Anda akan terhindari dari emosi yang berlebihan dan akan lebih tenang dalam menghadapi setiap permasalahan.

2,001 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini