Kriteria Memilih Calon Pendamping Sesuai Pandangan Islam yang Baik

Kriteria Memilih Calon Pendamping Sesuai Pandangan Islam yang Baik

Kriteria Memilih Calon Pendamping Sesuai Pandangan Islam Yang BaikUntuk membina sebuah hubungan pernikahan yang langgeng dan harmonis memang diinginkan oleh setiap pasangan. Setiap manusia pasti mendambakan pasangan yang tepat dan baik untuknya dan bisa melengkapi satu sama lain. Namun untuk memilih pasangan atau calon pendamping tidak harus dijalani dalam proses pacaran. Proses pendekatan bisa dilakukan sesuai syariat Islam yang tepat, seperti taaruf.

Agama Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ini, memang memiliki pedoman yang lebih terperinci dalam mengatur sebuah hubungan yang baik. Tak hanya itu kita pun dianjurkan untuk memilih pasangan yang tepat. Hal ini perlu dilakukan oleh setiap manusia, agar kita bisa saling melengkapi dan memandang cinta secara suci. Secara tidak langsung melalui pendamping hidup yang tepat, maka bisa sama-sama saling memperbaiki sikap ke arah yang lebih baik. Untuk itu berikut ini berbagai kriteria yang bisa dijadikan acuan dalam memilih pendamping sesuai pandangan Islam. Tidak hanya untuk calon pasangan kita, namun kriteria ini juga bisa dipakai untuk introspeksi dan memperbaiki diri juga.

Kriteria Memilih Calon Pendamping yang Pertama Muslim yang Taat

Berbagai kriteria mencari calon pendamping yang sesuai dengan syariat Islam ini berlaku baik bagi laki-laki maupun perempuan. Bagi kita yang mencari pasangan yang tepat, alangkah baiknya jika pertama kali yang dilihat adalah dari segi agama yang ditaatinya. Kita sebagai pemeluk agama Islam, maka perlu mencari calon pendamping yang merupakan muslim taat. Apalagi bagi seorang perempuan, perlu sekali memilih calon pendamping yang agamanya bagus serta bisa menjadi calon imam yang baik. Dengan begitu kita berharap bisa dibimbing ke arah yang lebih benar.

Kriteria Memilih Pendamping yang Kedua Berakhlak Baik

Selanjutnya ketika memilih pendamping sesuai pandangan Islam, perlu pula diketahui bagaimana sikap, sifat, atau akhlak dalam kesehariannya. Bagi pria ia membutuhkan wanita sholehah, dan bagi wanita ia membutuhkan pria yang sholeh. Maka hal atau tips dasar yang menjadi salah satu acuan ini jangan sampai hilang atau diacuhkan. Tentunya perempaun yang diharapkan seorang laki-laki sholeh adalah yang bisa menjadi seorang istri dan ibu yang baik dari anak-anaknya kelak. Begitu pula bagi perempuan sholehah, ia pasti akan mencari calon imam yang baik, tegas, penyayang, dan pekerja keras.

Kriteria Memilih Pendamping yang Ketiga Memiliki Pemahaman Agama yang Luas dan Baik

Agar memiliki pemikiran yang lebih sejalan, kedua pasangan harus bisa saling menyesuaikan pemahamannya. Jika kita mengharapkan sebuah biduk rumah tangga yang harmonis dengan menjunjung tinggi nilai agamis, maka kita bisa memperbaiki diri serta memilih pasangan yang pemahaman agamanya baik dan luas.

Yang Keempat Berilmu Pendidikan

Dalam Islma pun tidak semua kriteria hanya berurusan dengan hal keagamaan. Hal seperti latar belakang pendidikan pun memang perlu diperhatikan saat memilih pendamping sesuai pandangan Islam. Latar belakang pendidikan baik yang dimiliki oleh calon pendamping juga harus diperhatikan. Hal ini bisa menyangkut dengan bagaimana ia menyikapi hubungan rumah tangga denganmu kedepannya.

Yang Kelima Bukan Kerabat Dekat

Tentunya yang akan dijadikan sebagai pendamping hidup bukanlah kerabat dekat kita. Artinya ia tidak boleh dari kalangan saudara dekat apalagi sedarah. Hal-hal tentang ini sudah diatur dengan sangat terperinci dalam Al-Quran maupun hadits. Sehingga kita dianjurkan memhami terlebih dahulu siapa yang boleh dan tidak untuk dijadikan sebagai pasangan hidup.

Itulah berbagai hal yang amat perlu kita perhatikan tat kala memilih pendamping sesuai pandangan Islam.

Bagi Anda yang ingin segera di dekatkan jodoh dengan cepat bisa gunakan sarana spiritual dari Mbak Hidayah untuk membuka aura pengasihan dan bermanfaat mendekatkan jodoh klik Gambar Dibawah ini!

 27 total views,  1 views today