Sebelum Memutuskan, Ini 5 Hukum Perceraian yang Wajib Kamu Tahu

Sebelum Memutuskan, Ini 5 Hukum Perceraian yang Wajib Kamu Tahu. Pernikahan adalah momen sakral karena sebaiknya memang cuma dilakukan sekali. Oleh karena itu kita harus memikirkan matang-matang sebelum melaksanakannya. Namun, yang namanya takdir sangat sulit ditebak, bahkan ketika kita sudah melakukan berbagai macam usaha. Salah satu contohnya adalah perceraian. Tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang ingin bercerai. Setiap orang pasti ingin mereka bersama dengan orang yang dinikahinya hingga ajal menjemput.

Meski begitu, seperti yang dibilang tadi, takdir sangat sulit ditebak. Kita tidak tahu apakah perasaan kita akan selalu sama setelah beberapa tahun berlalu. Bisa jadi itu akan berubah, entah cepat atau lambat, yang penyebabnya pun bisa sangat bervariasi. Maka dari itu, di agama Islam, bercerai mempunyai lima hukum saat dilakukan. Semua hukum tersebut dibuat dengan berbagai pertimbangan, sehingga diharapkan bisa menjadi solusi dari kondisi yang ada. Berikut ini penjelasannya.

 

Hukum Perceraian yang Pertama yaitu Wajib

Pasangan suami istri wajib bercerai apabila terjadi beberapa hal. Hal yang pertama adalah suami melakukan perbuatan jahat dan tidak mau berhenti dari tindakan tersebut. Contohnya adalah suami selingkuh, tapi dia tidak bisa berjanji kalau akan berhenti melakukannya. Hal yang kedua adalah pasangan suami istri punya masalah yang tidak bisa diselesaikan secara damai. Dalam kasus ini, demi menghindari konflik lebih lanjut, perceraian harus lah dilakukan. Hukum perceraian wajib berikutnya berlaku apabila salah satu pasangan suami istri memutuskan untuk keluar dari agama Islam.

 

Hukum Perceraian yang Kedua yaitu Sunah

Perceraian akan menjadi sunnah apabila salah satu pihak, entah itu suami atau pun istri tidak mampu menjalankan kewajibannya. Dalam kasus ini, kewajiban suami adalah memberi nafkah, sementara kewajiban istri adalah menjaga kehormatannya. Jadi jika suami tidak mampu memberi nafkah, sang istri disarankan untuk meminta cerai. Di sisi lain, jika istri sudah tidak bisa menjaga kehormatan, misalnya mempunyai lelaki idaman lain, maka suami disarankan untuk menceraikannya.

 

Hukum Perceraian yang Ketiga yaitu Makruh

Bercerai akan makruh hukumnya apabila salah satu pihak ingin bercerai, tapi tidak memiliki alasan yang jelas. Contohnya adalah suami punya akhlak yang mulia, memberi nafkah secara rutin, pengetahuan agamanya baik, tapi tiba-tiba istri ingin bercerai. Jika dilakukan, maka hukum perceraian ini adalah makruh. Itu karena alasan sang istri mengajak cerai tidak masuk di akal.

 

Yang Keempat yaitu Mubah

Bercerai akan menjadi mubah hukumnya jika salah satu pihak melakukan sesuatu yang menyebalkan, dan pihak satunya tidak tahan dengan hal itu. Contohnya di sini adalah istri yang tidak mau menurut dengan suami, padahal perintahnya adalah hal yang mengarah pada kebaikan. Dan suami merasa tidak bisa menahan emosi mengetahui hal ini. Jika suami minta bercerai karena alasan ini, maka hukumnya adalah mubah.

Selain melakukan hal menyebalkan, hukum perceraian akan menjadi mubah apabila salah satu pihak mengalami sesuatu yang membuat pihak satunya merasa tidak nyaman. Salah satu contoh adalah ketika istri sudah memasuki usia senja di mana dia tidak bisa lagi memiliki anak. Di sisi lain, suami masih ingin memiliki keturunan. Jika ini terjadi, maka suami dianjurkan melakukan perceraian, tapi dia tidak akan mendapat pahala dari perceraian ini.

 

Yang Kelima yaitu Haram

Bercerai akan menjadi haram apabila kondisinya tidak sesuai dengan syariat islam. Contohnya adalah mengajak bercerai tepat setelah pasangan suami istri melakukan hubungan intim tanpa adanya pemeriksaan apakah hasil dari hubungan tersebut berakibat kehamilan atau tidak. Seandainya istri hamil, maka pasangan ini tidak boleh bercerai untuk sekarang.

Inilah lima hukum perceraian yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan untuk melakukannya atau tidak. Semoga artikel ini bermanfaat, dan kamu bisa memikirkannya dengan matang. Sukses.

Bagi Anda yang ingin menaklukkan pasanganmu bisa gunakan sarana spiritual dari Mbak Hidayah untuk membuka aura pengasihan dan bermanfaat mendekatkan jodoh klik Gambar Dibawah ini!

 70 total views,  1 views today