Tips Menabung dalam Islam yang Baik dan Benar

Tips Menabung dalam Islam yang Baik dan Benar

Tips Menabung dalam Islam yang Baik dan Benar Menjadi seorang muslim yang baik artinya kita harus menjalani hidup menurut syariat dan ajaran islam. Salah satunya adalah menabung, mungkin banyak dari kita yang menyukai kegiatan ini. Menabung merupakan salah satu kegiatan positif yang bila dilakukan secara rutin akan memberikan beragam manfaat bagi kita.

Bahkan Islam sendiri sangat menganjurkan umat muslim untuk menabung dan tidak membuang uang untuk hal yang tidak berguna. Jika telah menabung sejak dini, maka kita juga kan terbiasa hidup hemat. Tahukah Anda bahwa Islam juga telah mengatur cara menabung yang baik dan benar.

Fungsinya adalah agar umat Islam bisa mengatur keuangan dan tidak salah langkah dalam masalah finasial. Apakah Anda ingin tahu bagaimana tips menabung dalam Islam yang baik dan benar? Berikut ini kami akan memberikan ulasannya kepada Anda. Mari kita simak!

 

Tips Menabung Yang Pertama Menggunakan Rumus 1-1-1

Salman Al Farisi, seorang sahabat nabi menggunakan rumus ini saat beliau mempunyai uang sejumlah 1 dirham untuk dijadikan modal membuat kerajinan anyaman yang rencananya akan Ia jual untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya. Setelah Ia mendapatkan pendapatannya, Ia menggunakan 1 dirham untuk sedekah, 1 dirham untuk digunakan sebagai modal kembali dan 1 dirham untuk kebutuhan keluarganya.

Tips menabung dalam islam yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membagi pendapatan menjadi 3, maka sebuah kebutuhan akan tercukupi, bahkan kita juga bisa bersedekah.

 

Tips Menabung Yang Kedua Tidak Boros

Salah satu pantangan yang sangat sulit untuk dihindari dan dapat menggagalkan rencana menabung kita adalah hidup boros. Kita seringkali mempergunakan uang kita untuk hal yang tidak penting, seperti berbelanja hal yang tidak diperlukan dan kegiatan lainnya yang bersifat menghambur-hamburkan uang. Saat ingin berbelanja alangkah baiknya kita menggunakan skala prioritas barang-barang yang akan kita beli, agar tidak membeli barang yang sama sekali tidak dibutuhkan.

 

Tips Menabung Yang Ketiga Berbagi Terhadap Sesama

Tips menabung dalam islam yang selanjutnya adalah berbagi terhadap sesama. Dalam ajaran agama Islam, kita tahu bahwa dari setiap pendapatan yang kita terima terdapat 2.5% adalah hak dari orang lain. Maka dari itu, untuk mensyukuri nikmat yang telah Allah beri hendaklah kita bersedekah supaya penghasilan kita disucikan. Kita bisa berbagi terhadap sesama dengan bersedekah melalui badan yang terpercaya sebagai penyalur sedekah.

Tips Yang Kelima Tidak Berhutang

Ada masanya kita akan mengalami kesulitan ekonomi dan benar-benar merasa membutuhkan uang, sehingga jalan satu-satunya yang bisa kita ambil adalah dengan berhutang. Sangat dianjurkan bila dalam keadaan yang tidak mendesak untuk sebisa mungkin menghindari hutang. Karena hutang itu hukumnya wajib untuk dilunasi, karena menyangkut dunia dan akhirat. Jika kita belum sempat melunasi utang kita di dunia, maka kita akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat. Sehingga berhati-hatilah saat memutuskan untuk berhutang.

 

Tips Yang Terakhir Menyisihkan Uang Untuk Modal

Tips menabung dalam islam berikutnya adalah menyisihkan uang untuk modal berdagang. Agama Islam sangat menganjurkan semua umatnya untuk mencari nafkah dengan cara berdagang. Ketika kita telah memiliki pendapatan dari berdagang, maka sisihkanlah beberapa untuk dijadikan modal untuk berdagang kembali.

Demikianlah beberapa tips menabung dalam islam, jika Anda benar-benar serius untuk menabung, maka lakukanlah beberapa tips di atas dan jangan lupa tentukan tempat menabung yang aman dan sesuai dengan syariat islam. Semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin mengetahui doa-doa dan Amalan-amalan lainnya silahkan kunjungi website saya www.mbakhidayah.com

Atau Hubungi saya melalui Wa, SMS, Telp : 085 866 866 669

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

 30 total views,  1 views today